Batman Begins - Help Select

Pages

Saturday 30 November 2013

Oleh-oleh Khas Lampung

Menara Siger
       Lampung adalah sebuah provinsi yang terletak di bagian selatan Pulau Sumatera. Ibukota Provinsi Lampung adalah Bandar Lampung. Rumah tradisional adat Lampung, atau yang sering disebut Nuwo Sesat, memiliki ciri khas seperti: berbentuk panggung, atap terbuat dari anyaman ilalang, terbuat dari kayu dikarenakan untuk menghindari serangan hewan dan lebih kokoh bila terjadi gempa bumi, karena masyarakat lampung telah mengenal gempa dari zaman dahulu dan lampung terletak di pertemuan lempeng Asia dan Australia. Jika anda pergi ke Provinsi Lampung kurang lengkap jika tidak membawa buah tangan. Maka, kami akan menampilkan makanan khas Lampung yang bisa di jadikan sebagai buah tangan, Berikut Penelusuran kami :


1. Kemplang
Kemplang

     Kemplang adalah krupuk khas Lampung dan sekitarnya. Kemplang tidak hanya bisa ditemukan di daerah Lampung di daerah sekitarnya krmplang juga bisa ditemukan. Kerupuk ini cukup istimewa karena tidak digoreng dengan minyak melainkan di panggang sehingga tidak mengandung minyak goreng, ini bagus sekali buat yang mengurangi goreng-gorengan. Keenakan Kemplang sudah sangat terkenal karena disamping gurih juga tidak mengenyangkan sehingga bisa dimakan sebagai cemilan. biasanya makan Kemplang dengan cocolan sambel atau juga dengan cuka, rasanya maknyoos dijamin akan membuat kita ketagihan. Untuk mendapatkannya sekarang tidaklah sulit karena sudah banyak dijual di pasar maupun di supermarket-supermarket.

2. Tempoyak
Tempoyak
     Tempoyak adalah makanan yang berasal dari buah durian yang di fermentasi. Makanan ini belum terlalu terkenal. Rasa tempoyak ini sedikt asam karena hasil proses fermentasi. TEmpoyak di kenal di daerah Lampung, Palembang, dan Kalimantan. Di Palembang sendiri, makanan ini dimakan bersama ayam. Di Lampung, Tempoyak menjadi bahan dalam hidangan Seruit atau campuran dalam sambal.
      Tempoyak diriwayatkan dalam Hikayat Abdullah sebagai makanan sehari-hari penduduk Terengganu. Ketika Abdullah bin Abdulkadir Munsyi berkunjung ke Terengganu (sekitar tahun 1836), ia mengatakan bahwa salah satu makanan kegemaran penduduk setempat adalah tempoyak. Berdasarkan sejarah yang ada dalam Hikayat Abdullah, tempoyak merupakan makanan khas rumpun bangsa Melayu, yaitu Indonesia (antara lain Palembang, Lampung dan Kalimantan) dan Malaysia.

3. Lapis Legit
Lapis Legit
       Lapis legit merupakan kue yang tidak biasa dengan kue lapis yang biasa di jual di toko, karena teksturnya sangat lembut dan aroma rempah-rempahnya harum.
       Kue lapis legit ini sudah banyak di jual di toko-toko kue. Harga kue lapis legit ini berkisar antara Rp. 200.000 sampai Rp. 300.000. Cukup mahal bukan? Namun, harga itu tersebut tergantikan dengan cita rasa yang sangat WOW!

4. Seruit

     Seruit merupakan makanan khas yang berbahan ikan yang di goreng atau di bakar dan di campur terasi, tempoyak, atau mangga. Biasanya lebih sedap kalau di temani oleh minuman khas lampung yaitu serbat, yang terbuat dari jus buah mangga kwini. Jenis ikan yang biasa digunakan adalah besarnya ikan sungai seperti belide, baung, layis, dll.

0 comments:

Post a Comment