Batman Begins - Help Select

Pages

Wednesday 11 September 2013

Profil Singkat SMP IT ABU BAKAR

              Mohon Maaf... kali ini saya akan post di luar topik karena blog ini hanyalah tugas sekolah. Sekarang saya akan membahas tentang sekolah kita (SMPIT Abu Bakar Yogyakarta).
       SMP IT Abu Bakar Yogyakarta atau sering dipanggil dengan ABY berdiri pada tahun 2001/2002. SMP IT ABY adalah sekolah IT pertama yang didirikan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekolah ini memiliki 2 Program yaitu Fullday School (Fds) dan Boarding School (Bds). Sekolah ini memiliki Lab. Komputer, Gedung Olahraga, Aula, Masjid, Lab. Bahasa, dll. Membimbing dengan sepenuh hati agar sholih dan berprestasi adalah Motto dari Sekolah SMP IT Abu Bakar Yogyakarta.

Visi  : 
Melahirkan generasi muslim yang berpribadi Qur'ani dan unggul dalam bahasa, Ilmu pengetahuan, dan  Teknologi.

Misi:
·         Meningkatkan kwalitas pembelajaran Ulumul Qur’an.
·         Menyelenggarakan program pembinaan pribadi Qur’ani secara intensif.
·         Meningkatkan program pembinaan dan pembiasaan berbahasa Arab & Inggris.
·         Melaksanakan pembelajaran secara efektif dan menyenangkan. 

     
Murid SMP IT Abu Bakar Yogyakarta tidak hanya dari Kota Jogja. Namun, siswa SMP IT juga ada yang berasal dari luar kota, luar pulau, hingga luar negara. Ada Keunikan di sekolah ini, yaitu nama angkatan.Contohnya angkatan saya, namanya adalah E-FORCE yang kepanjangannya adalah Eleven For Excellent Moeslim. E-FORCE adalah nama angkatan 11. Dan setiap angkatan pasti ada namanya. Di angkatan 10 ada EXVENT, angkatan 9 ada REVOLT. 
    Sekolah ini menjunjung tinggi agama Islam. Semua yang dilarang oleh Allah SWT juga dilarang oleh sekolah. Di SMP IT ABY setiap pelanggaran di beri point dan jika point sudah mencapai 100 maka siswa akan di kembalikan kepada Orang Tuanya. Bahkan hal yang dilarang Allah SWT adalah point yang paling banyak. Jika siswa mempunyai prestaasi maka akan mendapatkan point prestasi. Kalau point prestasi sudah cukup banyak maka sekolah akan memberikan hadiah pada siswa yang berprestasi. Jika point prestasi sudah mencapai 100, siswa akan mengikuti seleksi siswa teladan se-Kabupaten/ Kota. SMP IT juga mempunyai target hafalan, semua siswa wajib hafal minimal 2 juz yaitu juz 30 dan 29. Jika target itu tidak tercapai maka murid itu tidak akan lulus. Pada kelas 7 siswa diwajibkan hafal 30 Juz dan jika belum maka tidak naik kelas, di kelas 8 minimal hafal sampai juz 28 lebih 8 surat, dan di saat lulus semua murid harus hafal 2 Juz.
       Setiap siswa berhak menentukan ingin ekstra mana yang dipilih. Ekstra dimulai saat jam kegiatan belajar sudah selesai. Ada banyak Ekstra di sekolah ini, antara lain : Futsal, Basket, BSMR, Hadroh, SA, Badminton, Pramuka, Karate, dll. Ekstra yang wajib diikuti oleh kelas 7 dan 8 adalah Ekstra Pramuka dan kelas 9 tidak boleh mengikuti ekstra karena harus fokus pelajaran supaya nilai Ujian Nasional di dapatkan dengan hasil yang bagus. Pada kelas 9, akan diadakan Bimbingan belajar yang dilaksanak setiap hari Senin hingga Jum'at jam 16.00 sampai 17.00 dan bagi siswa boarding, pelajaran malam akan ditiadakan dan di ganti dengan pelajaran UN mulai semester 2.
         Gedung Olahraga atau GOR, tempat ini biasanya digunakan oleh siswa pada saat bel istirahat berbunyi dan disaat pelajaran olahraga. Selain untuk olahraga tempat ini juga bisa digunakan jika ada acara sekolahan, seperti : Pertemuan wali murid, Akhir risanah, dll. Selain GOR, Kantin juga menjadi tempat favorit untuk mengisi waktu istirahat. Sekolah ini sendiri memiliki 2 kantin, kantin pertama terletak di depan GOR dan yang kedua berada di Selatan Masjid. Kantin di depan GOR biasanya digunakan oleh siswa akhwat/ putri dan kantin yang selatan masjid biasa digunakan oleh siswa ikhwan/ putra.
          Asrama SMPIT sendiri tidak terletak pada satu tempat. Namun, asramanya berada di sekitar sekolah. Bagi anak akhwat letak asrama sedikit jauh dari sekolahan, siswi harus jalan kaki dan harus jalan dengan 2-2 supaya tidak memenuhi jalan. Siswa ikhwan, letak asramanya lebih dekat dengan akhwat.
          Sekian info singkat yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan jika ada yang ingin mengetahui lebih lengkap tentang SMP IT Abu Bakar Yogyakarta bisa di lihat di blog SMP IT Abu Bakar Yogyakarta : http://www.smpit-abubakar.sch.id/

0 comments:

Post a Comment